Rabu, 14 Oktober 2020

Memahami Pentingnya Magang Bagi Mahasiswa di Dunia Industri

 

Memahami Pentingnya Magang Bagi Mahasiswa di Dunia Industri

Jakarta: Human Resources (HR) Manager Metro TV Ismu Wardhani alias Munik mengatakan, proses magang di industri bakal memberikan banyak keuntungan bagi mahasiswa. Salah satunya, meningkatkan kemampuan teknis dan keterampilan, serta mengaplikasikan pembelajaran di satuan pendidikan.

"Bagaimana keterampilan yang dipelajari di sekolah diaplikasikan di dunia kerja. Atau (magang) bisa juga mempelajari skill yang baru," kata Munik dalam Webinar yang digelar Politeknik Negeri Semarang (Polines), Rabu, 14 Oktober 2020.

Lewat proses magang, kata Munik, mahasiswa juga bisa mengetahui secara langsung bagaimana proses bisnis yang berjalan di industri. Mereka yang magang di Metro TV misalnya, minimal bisa mengetahui bagaimana proses sebuah berita bisa ditayangkan dan dinikmati pemirsa.

"Dalam proses itu mahasiswa bisa menilai dan merasakan, kira-kira ini bukan bidang kerja yang ingin saya masuki. Suka atau tidak dengan pekerjaannya" ungkapnya.

Menurut Munik, program magang juga bisa meningkatkan soft skill mahasiswa. Peserta magang bisa mengasah kemampuan koordinasi atau merespons instruksi atasan juga rekan kerja. "Di situ akan berkembang percaya diri, kalau lebih percaya diri akan lebih proaktif dalam bekerja," ujarnya.

Bagi Munik, mahasiswa yang menjalani magang juga memiliki kesempatan lebih besar untuk bergabung sebagai tenaga kerja atau karyawan. Saat ini, kata dia, industri berlomba-lomba mencari tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan suatu industri.

"Ketika berada dalam industri, mahasiswa akan punya kesempatan leih besar masuk dalam industri tersebut," ujarnya.

Munik menyatakan, setiap industri sedang berbenah menghadapi situasi pandemi virus korona (covid-19). Pandemi juga membuat kesempatan magang berkurang. Munik pun menyarankan mahasiswa dan kampus lebih giat menggali informasi terkait kebijakan-kebijakan perusahaan di masa pandemi, khususnya terkait program magang.

"Yang harus dilakukan kampus dan mahasiswa yaitu harus lebih aktif mencari informasi, karena kebijakan awal perusahaan akan berubah akibat pandemi," tuturnya.
https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/yNL4qvWN-memahami-pentingnya-magang-bagi-mahasiswa-di-dunia-industri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar